Himpunan Mahasiswa

1.) English Week

 

            1.1. English Week

English week adalah sebuah kegiatan yang diselenggarakan atas inisiatif dari mahasiswa – mahasiswi aktif yang tergabung dalam Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) program studi Tadris Bahasa Inggris UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi yang di selenggarakan pertama kali pada tahun 2011. Berupa kegiatan tahunan yang berisi perlombaan-perlombaan dalam bahasa inggris yang melibatkan seluruh mahasiswa program studi Bahasa Inggris untuk turut serta berpartisipasi di dalam setiap perlombaan yang ada dengan tujuan :

  1. Mengembangkan kemampuan dan talenta peserta melalui sebuah suasana kompetitif dan sportif dari sebuah kompetisi.
  2. Memperat tali silaturrahmi dan meningkatkan keakraban antar mahasiswa.
  3. Memberikan wadah dalam mengapresiasikan kemampuan akademisi mahasiswa.
  4. Mengarahkan mahasiswa kearah kegiatan yang positif.

Dalam hal ini, panitia penyelenggara English Week memperluas cakupan target peserta di luar ruang lingkup tadris bahasa inggris. Yang artinya membuka peluang sebesar-besarnya kepada mahasiswa yang berbeda jurusan bahkan fakultas untuk turut serta berpartisipasi di dalam cabang-cabang kompetisi tertentu seperti speech (umum;seluruh mahasiswa UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi) dan speeling bee yang di peruntukan juga bagi mahasiswa jurusan Sastra Inggris. Disamping itu, dalam penyelenggaraannya yang kedelapan kali dengan tema “Exposing Bravery,Creativity and Competitiveness Through English” di tahun 2019 ini panitia-panitia penyelenggara membuat gebrakan baru dengan meningkatkan taraf kompetisi dari ruang lingkup kampus menjadi taraf se-kota Jambi dengan mengadakan kompetisi Speech, Spelling Bee dan Story Telling bagi siswa-siswi SMP/SMA Se-kota Jambi dan kompetisi Scrabble bagi masyarakat umum. Berikut adalah daftar kompetisi cabang perlombaan English Week 2019 yang akan diselenggakan pada 8-11 April 2019 mendatang :

  1. Writing Essay

Merupakan cabang kompetisi menulis Essay dalam    bahasa Inggris dengan tema tertentu yang ditentukan oleh panitia penyelenggara.

2. Spelling Bee

 

Salah satu cabang kompetisi Bahasa Inggris ter-populer yang mengharuskan para peserta mengeja (spell; dalam Bahasa Inggris) huruf dari setiap kata yang akan diberikan kepada masing-masing peserta.

      3. Speech

Speech atau dalam bahasa Indonesia disebut dengan Pidato adalah suatu cabang kompetisi yang mengharuskan para peserta memberikan Pidato dalam bahasa Inggris dengan durasi waktu 7-10 menit dan membawakan tema yang sudah ditentukan oleh panitia penyelenggara.

     4. Story Telling

Merupakan cabang kompetisi yang mengharuskan peserta menceritakan cerita dalam bahasa Inggris dengan gaya nya sendiri, diperbolehkan memakai kostum maupun membawa properti yang dapat menunjang proses berlangsungnya cerita.

    5. Scrabble

Game bahasa Inggris ter-populer yang diangkat menjadi salah satu cabang kompetisi dengan peserta paling banyak. Sebuah permainan dengan instrumen papan dan huruf-huruf alphabet yang mengharuskan peserta menyusun huruf tersebut untuk membentuk sebuah kata dalam bahasa Inggris agar bisa meraih poin sebanyak-banyaknya. Dimainkan dengan jumlah 4 peserta tiap grup nya guna mencari satu peserta saja dengan poin tertniggi untuk masuk ke babak selanjutnya.

    6. Rangking 1

Merupakan salah satu cabang kompetisi yang banyak diminati dengan mekanisme perlombaan yang sangat menarik dan menantang. Dibatasi hanya 100 peserta saja yang akan langsung diberikan pertanyaan demi pertanyaan dengan cara memberikan jawaban pada kertas yang telah diberikan untuk tiap peserta guna mencari satu peserta terbaik dari 100 orang peserta yang ada. 

    7. Role Play

Cabang kompetisi dengan cara bermain peran menggunakan bahasa Inggris, diperuntukkan bagi peserta dalam bentuk tim yang terdiri dari 7-10 orang dengan durasi waktu 5-10 menit. Diperkenankan memakai kostum dan membawa properti yang dapat menunjang proses kelancaran penampilan tiap-tiap tim.

2)  Kegiatan-kegiatan Kedendikiawanan Tadris Bahasa Inggris

2.1 Ketua Jurusan, Amalia Nurhasanah, S.Pd., M.Hum menyerahkan bingkisan kepada salah satu anak pada saat Bakti Sosial.

 

2.2 Antusiasme anak-anak Panti saat berinteraksi dengan mahasiswa TBI.
  • Kegiatan Pengabdian Masyarakat, salah satu kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan rasa simpati dan empati terhadap sesama dan bertujuan untuk mengeratkan tali silaturahmi dengan sesama, kegiatan ini diisi dengan Bakti Sosial yang agendanya adalah mengadakan buka puasa bersama dengan anak-anak yatim dan yatim piatu di Pondok Pesantren atapun di Panti Asuhan serta memberi sejumlah sumbangan untuk saudara kita yang sedang kesusahan dan nasibnya tidak seberuntung kita, seperti Siti Rumlah yang mengalami kelumpuhan akibat kecelakaan.

 

2.3. Proses Penggalangan Dana

 

2.4. Foto bersama mahasiswa-mahasiwi TBI pada saat penggalangan dana untuk korban Bencana Alam di Palu dan Donggala.                                 

 

  • Kegiatan Bakti Sosial selanjutnya adalah mengumpulkan sumbangan dari pengendara yang melalui atau melewati jalan umum di Simpang Mayang dan Simpang Kawat yang akan diberikan untuk korban bencana alam di Palu serta Donggala, kegiatan ini adalah wujud dari keprihatinan mahasiswa-mahasiswi Tadris Bahasa Inggris terhadap bencana yang terjadi.

3). Akreditasi Prodi S1 Tadris Bahasa Inggris Tahun 2018

3.1. Proses persiapan visitasi akreditas Program Studi Tadris Bahasa Inggris.

 

3.2. Proses persiapan visitasi akreditas Program Studi Tadris Bahasa Inggris.

UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada tanggal 20 November 2018 menerima asesor dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) untuk program studi S1 Tadris Bahasa Inggris, yaitu Dr. Oikurema Purwati, M.A., M.Appl dari Universitas Negri Surabaya dan Dr. Ni Luh Nyoman Seri Malini,SS., M.Hum. dari Universitas Udayana Bali. Akreditasi untuk program studi S1 Tadris Bahasa Inggris ini merupakan akreditasi yang ke 3 kalinya sejak program studi ini dibuka dengan harapan hasil akreditasi ulang kali ini bisa memberikan hasil terbaik yaitu naik peringkat atau minimal peringkat B.

Sesuai jadwal, visitasi akreditasi program studi S1 Tadris Bahasa Inggris ini akan berlangsung hingga 1 – 3April 2019 dan hasilnya diharapkan sudah bisa diketahui secepatnya  setelah visitasi ini. Seluruh sivitas akademika beserta berdoa untuk hasil yang terbaik bagi UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi demi kemajuan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi.

4). Acara Silaturrahmi Dan Doa Bersama

4.1. Foto Bersama Kajur dan Mahasiswa TBI saat Silaturrahmi dan Doa Bersama.

Dalam rangka menggenapkan 100 persen usaha dan kerja keras dalam proses persiapan akresitasi, civitas akademika mahasiswa-mahasiswa semester 4 program studi tadris bahasa inggris berinisiatif menyelenggarakan silatuhrahmi dan doa bersama dengan tujuan menumbuhkan sikap ikhtiar dan memunculkan kecerdasan emosional spiritual Yang di adakan pada hari jumat tanggal 29 maret 2019 bertempat di musholla fakultas  tarbiyah dan keguruan UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Acara ini juga di hadiri oleh kepala jurusan tadri bahasa inggris Miss Amalia Nurhasanah,S.Pd.M.Hum. yang memberikan arahan dan edukasi mengenai proses visitasi akreditas.

 

5). Bujang  Terfavorit dari Tadris Bahasa Inggris.

       5.1. Wansuril Mujahidin

Anak muda kelahiran Desa Tuo Ilir, 29 Juli 1998 bernama Wansuril Mujahidin merupakan salah satu mahasiswa Tadris Bahasa Inggris kelas 4A yang berhasil mewakili Bujang dari Fakultas Tarbiyah dan Keguruan dalam ajang Bujang Kampus UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi. Mahasiswa yang berasal dari Tebo ini berhasil menyabet gelar Bujang Terfavorit 2019 setelah melewati serangkaian karantina selama 1 minggu dan pembekalan edukasi serta menampilkan bakat-bakat yang dimiliki selama proses penilaian untuk menjadi Bujang Gadis UIN Sulhan Thaha Saifuddid Jambi.

6). Prestasi Akademik

6.1. Surat Keputusan pengumuman seleksi beasiswa pelatihan IELTS.

Tidak hanya memiliki alumni berprestasi yang melanjutkan studi ke luar negeri dan mahasiswa berprestasi di bidang ekstrakulikuler di ruang lingkup kampus, mahasiswa Tadris Bahasa Inggris juga berprestasi dalam bidang akademik dengan berhasil lolos ke tahap 10 Besar dari puluhan peserta seleksi dalam seleksi penerimaan Beasiswa Pelatihan IELTS yang diselenggarakan oleh PIU (Program Implementasi Unit) yang berkerja sama dengan UPB (Unit Pengembangan Bahasa) UIN Sulthan Thaha Saifuddin Jambi pada tangggal 15 Desember 2018 bertempat di Unit Pengembangan Bahasa di Telanai. Ialah Ajeng Puji Iswiyah (Semester IX), Sataria Efendi (Semester V), Dhea Pati Ramadhani Annury (Semester III) dan Herni Tika (Semester III), 4 mahasiswa Tadris Bahasa Inggris yang berhak menerima beasiswa Pelatihan IELTS yang diadakan dari Desember 2018 – Januari 2019.